Adagium Jateng Kandang Banteng Belum Tergoyahkan, Survei Membuktikannya

Rabu, 08 Februari 2023 – 03:00 WIB
Adagium Jateng Kandang Banteng Belum Tergoyahkan, Survei Membuktikannya - JPNN.com Jateng
Direktur Eksekutif AKSARA Research and Consulting Hendri Kurniawan, saat rilis hasil survei "Persepsi Politik Anak Muda di Jawa Tengah dan Kota Semarang dalam Pemilu 2024", di Semarang, Selasa (7/2/2023). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Ketokohan menjadi kriteria anak-anak muda di Jawa Tengah sebagai pertimbangan terbesar dalam memilih partai politik pada pemilu.

Hal tersebut merupakan hasil survei dari AKSARA Research and Colsulting.

"Pertama yang jadi kriteria parpol pilihan anak muda Jateng adalah tokoh partai," kata Direktur Eksekutif AKSARA Research and Consulting Hendri Kurniawan, saat rilis hasil survei di Semarang, Selasa (7/2).

Hendri menyebutkan tokoh partai menempati urutan pertama dengan 28,5 persen, disusul program partai (23,4 persen), kedekatan personal dengan pengurus atau calon anggota legislatif (18,6 persen).

Selebihnya, kata dia, memperjuangkan kepentingan anak muda (11,7 persen), menampilkan wajah baru sebesar 7,8 persen, dan lainnya 3,1 persen, sedangkan yang memilih tidak menjawab ada 6,9 persen.

Menurut dia, tokoh partai yang dimaksud, di antaranya Soekarno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, eks Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

"Ternyata ketokohan lebih menarik bagi anak muda ketimbang program parpol. Adanya nama-nama tokoh seperti Bung Karno, Megawati, Ganjar Pranowo, Mas Hendi dan Gibran yang banyak menjadi pertimbangan anak muda memilih PDI Perjuangan," katanya.

Survei itu juga merilis bahwa PDIP meraih dukungan dari anak muda sebesar 34,75 persen di Kota Semarang dan 32,29 persen di Jateng yang menunjukkan masih kuatnya sebagai kandang banteng.

Adagium Jateng kandang banteng masih belum tergoyahkan. Survei AKSARA membuktikannya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News