Hasil Survei PPI: Dico Layak Dampingi Gibran untuk Pilkada Jateng 2024

Jumat, 23 Juni 2023 – 11:46 WIB
Hasil Survei PPI: Dico Layak Dampingi Gibran untuk Pilkada Jateng 2024 - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei opini publik terkait peta kekuatan figur bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Jawa Tengah.

Hasil survei yang dilakukan pada 2-11 Juni 2023 dengan 800 responden berfungsi untuk memotret prefensi masyarakat Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil survei PPI tersebut, dari segi popularitas pada 11 tokoh yang diuji, nama Wali Kota Surakrta Gibran Rakabuming Raka memiliki tingkat keterkenalan tertinggi dengan angka 77.0%.

"Kemudian, diikuti oleh Taj Yasin Maimoen yang mampu menyabet angka 48,3%," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, Jumat (23/6).

Sementara itu, kata dia, popularitas mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berada di angka 37,9%. Disusul Bupati Kendal, Dico Ganinduto bisa mendapat 30,3%, dan Achmad Husein berada di angka 24,6%.

"Pada skenario elektabilitas wakil gubernur, nama Taj Yasin Maimoen masih mendapat dukungan tertinggi dengan 9,6%, disusul Dico Ganinduto 7,1% dan Achmad Husein 6,7%," jelasnya.

Saat ini, Taj Yasin Maimoen mengundurkan diri dari posisinya sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah. Hal ini dia lakukan untuk ikut dalam Pileg DPR-RI.

Ketika Taj Yasin Maimoen tidak maju lagi dalam kontestasi Pilgub Jawa Tengah, maka nama Dico Ganinduto menjadi yang paling banyak diharapkan publik.

Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei opini publik terkait peta kekuatan figur bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News