Hasil Survei: Ganjar Unggul dari Prabowo di Jatim, Anies Bagaimana?

Minggu, 01 Oktober 2023 – 22:46 WIB
Hasil Survei: Ganjar Unggul dari Prabowo di Jatim, Anies Bagaimana? - JPNN.com Jateng
Elektabilitas Ganjar Pranowo unggul jauh dari Prabowo Subianto untuk di wilayah Jawa Timur berdasar hasil survei Indikator Politik Indonesia. Dok: tim media Ganjar.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia menyatakan elektabilitas bakal calon presiden Ganjar Pranowo memperoleh 43,9 persen di Jawa Timur dengan menggunakan simulasi tiga nama.

Angka persen tersebut mengungguli dua bacapres lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Pak Ganjar 43,9 persen, Pak Prabowo 33,8 persen, dan Mas Anies 14,4 persen," kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Minggu (1/10).

Sementara itu, kata dia, sebanyak 8,0 persen menyatakan tidak memilih atau tidak menjawab.

Indikator Politik juga menangkap 64,9 persen pemilih di Jawa Timur merupakan pemilih kuat, yakni kecil atau hampir tidak mungkin mengubah pilihannya.

Jika dirinci, jumlah 64,9 persen tersebut meliputi 38,6 persen pemilih yang kecil kemungkinan berganti pilihan dan 26,3 persen pemilih hampir tidak mungkin mengganti pilihannya.

"Sebanyak 4,2 responden tidak tahu atau tidak menjawab," ungkap Muhtadi.

Namun, dia tak menampik Prabowo dan Anies masih berpeluang meningkatkan elektabilitas di Jawa Timur. Hal itu dikarenakan masih ada 30,9 persen pemilih berpotensi mengubah pilihan, rinciannya 23,1 persen dengan kategori cukup besar kemungkinan dan 7,8 persen sangat besar kemungkinan.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyatakan bakal calon presiden Ganjar Pranowo unggul dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News