Pengamat Sebut Gibran Tak Mungkin Jadi Cawapres Pendamping Prabowo

Sabtu, 14 Oktober 2023 – 14:34 WIB
Pengamat Sebut Gibran Tak Mungkin Jadi Cawapres Pendamping Prabowo - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kiri) saat mendampingi Menhan Prabowo Subianto menghadiri peringatan Hari Veteran Nasional di Auditorium GPH Haryo Mataram, UNS, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (10/8/2023). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww)

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Wacana Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres pendamping capres Prabowo Subianto di Pemilu 2024 terus mencuat.

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno, loyalitas Gibran terhadap PDI Perjuangan masih cukup kuat, sehingga sikap politiknya tidak mau berseberangan dengan partai banteng moncong putih itu.

"Loyalitas Gibran pada PDI Perjuangan masih kuat, sehingga (dia) tidak mau berseberangan dengan sikap partai. Saya termasuk orang yang tidak terlalu yakin kalau Gibran mau maju sebagai bakal cawapres," kata Adi di Jakarta, Sabtu (14/10).

Dia mengatakan andai Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terkait batas usia calon presiden dan calon wakil presiden, Gibran tidak akan menggunakan kesempatan itu untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Hal itu karena Gibran masih menjadi kader dan terikat dengan PDI Perjuangan, sehingga putra sulung Presiden Joko Widodo itu tidak akan mengambil sikap yang berseberangan dengan partainya.

"Saya tidak bisa membayangkan Gibran maju dan keluar dari PDI Perjuangan. Paling mungkin adalah Gibran maju di Pilpres 2024 berpasangan dengan Ganjar Pranowo, sesama kader PDI Perjuangan bisa berduet," katanya.

Selain itu, lanjut Adi, terkait elektabilitas jika Prabowo berpasangan dengan Gibran, maka hal tersebut harus diuji secara ilmiah melalui survei.

Berdasarkan angka statistik PPI saat ini, Adi menyebut nama Gibran belum muncul secara signifikan sebagai sosok yang bisa maju di Pilpres 2024, baik sebagai bakal capres maupun bakal cawapres.

Wacana Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres pendamping capres Prabowo Subianto di terus mencuat, pengamat sebut itu tak mungkin.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News