BMKG Keluarkan Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Utara Jawa Tengah, Berlaku 2 Hari

Jumat, 21 Januari 2022 – 12:00 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Utara Jawa Tengah, Berlaku 2 Hari - JPNN.com Jateng
Rob membuat banjir di permukiman warga. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - BMKG mengeluarkan peringatan dini banjir rob di Pesisir Utara Jawa Tengah akan terjadi hingga dua hari ke depan. 

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Mas Semarang Sedianto mengatakan, adanya fenomena fase Bulan Purnama berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan. 

Ia mengimbau masyarakat pesisir pantai untuk waspada dengan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan fenomena banjir pesisir atau rob

Fenomena tersebut, kata dia, diprediksi terjadi pada 21-22 Januari 2022 di wilayah Pesisir Utara Jateng sekira pukul 00.00 - 01.00 WIB. 

Menurutnya, hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktifitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan. 

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir rob serta memperhatikan informasi cuaca," katanya, Jumat (21/1). (mar4/jpnn) 

BMKG mengeluarkan peringatan dini banjir rob di Pesisir Utara Jawa Tengah.

Redaktur & Reporter : Sigit Firdaus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia