Wujudkan Energi Bersih di Solo, PLN-Pemprov Sinergi Gelar Festival Motor Listrik

Minggu, 03 Desember 2023 – 18:58 WIB
Wujudkan Energi Bersih di Solo, PLN-Pemprov Sinergi Gelar Festival Motor Listrik - JPNN.com Jateng
Gelaran Festival Motor Listrik 2023 di Solo, Minggu (3/12). Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - PLN menjalin sinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mewujudkan energi bersih di Solo.

Sinergi itu diwujudkan dengan gelaran Festival Motor Listrik 2023 di Solo, Minggu (3/12), untuk mengakselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric Vehicle (EV).

Acara yang diinisasi oleh PLN ini mengusung tema "Bangga Pakai Motor Listrik" dan berhasil melibatkan tak kurang dari 150 _Electric Vehicle (EV) untuk ikut dalam konvoi motor listrik. Partisipan juga meliputi komunitas listrik Solo, Semarang, Magelang, Yogyakarta, dan sekitarnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi menyatakan pihaknya mendukung program pemerintah untuk menekan penggunaan bahan bakar fosil dan mengurangi emisi karbon dengan EV.

Menurutnya, seiring dengan pesatnya pertumbuhan EV, PLN terus berkomitmen dalam pembangunan infrastruktur pendukung ekosistem KBLBB seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Terlebih menurutnya saat ini terdapat layanan digital PLN Mobile yang dapat membantu pengguna EV dari menemukan lokasi SPKLU hingga pengoperasian pengisian bahan bakar.

Selain itu, PLN juga menyediakan layanan home charging yang memudahkan pengisian daya di rumah. Dengan infrastruktur yang lengkap, para pengguna dipastikan tak perlu risau jika kehabisan daya.

"Pengguna EV tidak perlu risau, sebab infrastruktur telah dibangun lebih merata. PLN telah membangun 31 SPKLU dengan 45 unit EV charger yang tersebar di 22 Kota/Kabupaten wilayah Jateng dan DIY. Pengguna EV juga dapat memanfaatkan PLN Mobile untuk memudahkan pengoperasian SPKLU," tutur Soffin.

PLN, Pemprov Jateng, dan Kementerian ESDM menjalin sinergi untuk mewujudkan energi bersih di Solo dengan gelaran Festival Motor Listrik 2023.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia