Pemprov Jateng Dorong Promosi Seni & Wisata Pentas di TMII-Kota Tua Jakarta

Jumat, 08 Desember 2023 – 12:53 WIB
Pemprov Jateng Dorong Promosi Seni & Wisata Pentas di TMII-Kota Tua Jakarta - JPNN.com Jateng
Sekda Jateng Sumarno dalam acara Duta Seni Award Jateng 2023 di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Kamis (7/12). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mendorong kesenian dan pariwisata daerah ke tingkat nasional. Terdapat duta seni kabupaten/kota melakukan pementasan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Kota Tua Jakarta.

"Ini salah satu upaya kami untuk mengenalkan seni budaya yang ada di masing-masing kabupaten/kota kepada masyarakat luas," ujar Sekretaris Daerah Jateng Sumarno di sela acara Duta Seni Award Jateng 2023 di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Kamis (7/12).

Selain sebagai ajang promosi, kata Sumarno, pementasan beragam kesenian itu juga sebagai sarana melestarikan dan mengembangkan pariwisata berbasis seni dan budaya.

Sejumlah kesenian yang ditampilkan meliputi tari tradisional, kethoprak, wayang, kreasi seni klasik dan kontemporer, dan sebagainya.

"Harapan kami masyarakat yang berkunjung di TMII bisa menyaksikan, mengenal, dan mencintai seni budaya daerah yang ditampilkan. Setelah melihat pertunjukan seni budaya itu, mereka bisa tertarik untuk berkunjung ke Jawa Tengah," katanya.

Sumarno berharap duta seni dari berbagai kabupaten/ kota di Jateng itu berkomitmen melestarikan seni budaya daerah. Para kreator dan pelaku seni juga diharapkan  terus menggeluti dunia seni budaya, sehingga tercipta karya seni yang menarik dan edukatif.

"Seni budaya menjadi bagian dari ekonomi kreatif. Kami sangat berharap Duta Seni Jateng ini menjadi bagian dari pengembangan ekonomi kreatif di Jateng," ujarnya 

Selain di TMII, menurut Sumarno, pementasan seni dan budaya Jateng dapat digelar di beberapa ruas jalan protokol di Jakarta saat kegiatan car free day, Kawasan Kota Lama Jakarta, dan lokasi strategis lainnya.

Pemprov Jateng mendorong kesenian dan pariwisata daerah bisa pentas ke tingkat nasional.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News