Viral Video Truk Pengangkut Puluhan Anjing Lewat Tol, Diduga Menuju Tempat Jagal di Solo Raya

Minggu, 24 Desember 2023 – 21:34 WIB
Viral Video Truk Pengangkut Puluhan Anjing Lewat Tol, Diduga Menuju Tempat Jagal di Solo Raya - JPNN.com Jateng
Truk pengangkut puluhan anjing yang diduga akan dikirim ke rumah jagal menuju arah Semarang/Solo. FOTO: Tangkapan layar Instagram @semarang.news.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sebuah video amatir memperlihatkan truk putih mengangkut banyak anjing dalam kondisi moncong terikat di tol Palimanan. Video itu viral di media sosial (medsos) Instagram.

Dalam narasi unggahan video itu menyebutkan anjing yang diduga puluhan ekor itu akan dikirim ke rumah jagal menuju Kota Semarang atau Solo.

Koordinator Nasional Dog Meet Free Indonesia (DMFI) Karin Franken mengaku telah mendapat laporan adanya pergerakan sebuah truk yang mengangkut puluhan anjing dalam kondisi hidup melewati Jawa Tengah.

"Iya, sudah dapat (laporan, red). Lihat juga yang viral. Netizen ada yang bilang kenapa tidak ditangkap. Kalau ditangkap juga susah karena pada saat video diposting, truknya sudah sampai ke lokasi," ujar Karin saat dikonfirmasi, Minggu (24/12).

Karin mengaku telah mengecek keberadaan truk tersebut, tetapi belum bisa memastikan asal truk pembawa anjing dari Cirebon, Jawa Barat.

"Belum bisa dipastikan apakah truk yang viral di media sosial dari Cirebon. Hanya saja kalau disebut tujuannya ke Semarang, saya rasa bukan," ujarnya.

Dia memastikan daerah tujuan bukan Kota Semarang karena Ibu Kota Jawa Tengah itu sudah punya peraturan daerah yang melarang perdagangan anjing.

"Memang masih ada sedikit yang melakukannya, tetapi saya menduga pasti truk tersebut arahnya ke Soloraya. Terutama ke Klaten, Sragen dan Surakarta," katanya.

Sebuah video amatir memperlihatkan truk putih mengangkut banyak anjing dalam kondisi moncong terikat di tol Palimanan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News