Wali Kota Semarang Ungkap Pembangunan Tanggul Laut Sudah 62 Persen

Sabtu, 13 Januari 2024 – 01:26 WIB
Wali Kota Semarang Ungkap Pembangunan Tanggul Laut Sudah 62 Persen - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meninjau pembangunan tanggul laut di Kelurahan Tambakrejo, Semarang Utara. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkapkan proses pembangunan tanggul laut di pesisir utara sudah mencapai 62 persen.

Mbak Ita, sapaan akrabnya, menyebut pemasangan tiang pancang atau sheet pile di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Semarang Utara itu terus dikebut penyelesaiannya.

"Tidak terasa pembangunan sheet pile sudah mencapai hampir 62 persen. Nantinya pada 2024 ini, tepatnya Juni bisa mengcover 55,9 persen," kata Mbak Ita saat meninjau lokasi pembangunan tiang pancang di Kelurahan Tambakrejo, Kamis (12/1/2024).

Mbak Ita mengatakan pembangunan tiang pancang itu dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana di bawah kendali Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Sebelumnya itu setiap kali musim laut seperti ini akhir dan awal tahun selalu terjadi rob. Namun, masih 62 persen, sudah bisa melindungi masyarakat dari rob," ujarnya.

Dalam proses pembangunan yang masih berlangsung itu, pihaknya, mengusulkan kepada Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono untuk penambahan pemecah dan penahan ombak atau growing.

"Kami mendorong Pak Menteri untuk bisa sekaligus ditambah dengan growing sebagai pemecah gelombang," ujarnya.

Pasalnya, ketika terjadi gelombang pasang, air laut masuk ke pemukiman warga. Upaya itu juga untuk meminimalisir perahu-perahu milik nelayan terkena hantaman ombak besar.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkapkan proses pembangunan tanggul laut di pesisir utara sudah mencapai 62 persen.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News