Presiden Jokowi Meresmikan SPAM Semarang Barat: Pilot Project Pengelolaan Air Minum Perpipaan

Selasa, 23 Januari 2024 – 23:30 WIB
Presiden Jokowi Meresmikan SPAM Semarang Barat: Pilot Project Pengelolaan Air Minum Perpipaan - JPNN.com Jateng
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan SPAM Semarang Barat, Kota Semarang, Senin (23/1). FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Semarang Barat, Kota Semarang, Senin (23/1).

Jokowi mengatakan SPAM Semarang Barat menjadi salah satu upaya Kota Semarang dalam penyediaan air bersih jangka panjang.

Orang nomor satu di Indonesia itu, memuji langkah-langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan jajarannya terkait pengelolaan air bersih.

"Kita tahu air akan menjadi persoalan kalau kita tidak merencanakan, mempersiapkan mulai dari sekarang. Dan Kota Semarang merupakan contoh yang baik dalam pengelolaaan air bersih," ujarnya.

Jokowi menyebut SPAM ini dibangun dari hulu sampai hilir oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan keterlibatan pihak swasta.

SPAM Semarang Barat ini juga diakui menjadi pilot project pembangunan sistem pengelolaan air perpipaan. "Jadi kota-kota lain saya minta untuk bisa tiru Semarang," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut, anggaran pembangunan SPAM Semarang Barat ini berkisar hingga Rp 870 miliar, dengan sistem Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Nantinya SPAM Semarang Barat akan mengalirkan air ke 70 ribu rumah tangga atau 350 ribu jiwa di Kecamatan Semarang Barat, Kecamatan Ngaliyan, dan Kecamatan Tugu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Semarang Barat, Kota Semarang, Senin (23/1).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News