Kunjungan Kerja di Grobogan, Jokowi Cek Alat USG Puskesmas Toroh

Selasa, 23 Januari 2024 – 16:56 WIB
Kunjungan Kerja di Grobogan, Jokowi Cek Alat USG Puskesmas Toroh - JPNN.com Jateng
Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Puskesmas Toroh 1 Kabupaten Grobogan. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, GROBOGAN - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Toroh 1 Kabupaten Grobogan, Selasa (23/1). Dalam kunjungannya, Jokowi memastikan Puskesmas memiliki USG (ultrasonografi) untuk mengecek kehamilan.

Saat ini, Jokowi menyebut sudah ada 10 ribu Puskesmas di penjuru tanah air yang mendapatkan fasilitas USG. "Saya sudah cek, sistemnya bagus, alatnya ada, dan ini sudah diberikan kepada 10 ribu puskesmas di tanah air," katanya.

Ayah Gibran Rakabuming Raka itu mengatakan fasilitas uji diagnostik tersebut dapat mendeteksi kehamilan secara dini dalam mengatasi stunting.

"Kita harapkan nanti semuanya memiliki USG sehingga kehamilan itu bisa dideteksi lebih dini. Semuanya data masuk ke pusat data di Jakarta. Ini penting sekali dalam pengatasan stunting," katanya.

Pada tahun ini, seluruh Puskesmas di Jawa Tengah (Jateng) ditargetkan memiliki alat USG. Sejauh ini, dari 881 Puskesmas yang ada, sebanyak 583 di antaranya sudah memiliki USG untuk mengecek kehamilan sejak dini.

"Tahun ini harus 100 persen. Jawa Tengah tinggal sedikit (yang belum memiliki USG)," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yunita Dyah Suminar.

Target tersebut akan dicapai melalui bantuan dari Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, dan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dari masing-masing kabupaten/kota.

Bahkan, kata Yunita, pelatihan kepada dokter umum di Puskesmas juga digenjot agar mampu menggunakan alat USG sesuai kompetensi yang diberikan.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Toroh 1 Kabupaten Grobogan, Selasa (23/1).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News