Waspada! Banjir Rob Diprediksi Terjang 7 Daerah di Jawa Tengah, Catat Tanggalnya

Kamis, 25 Januari 2024 – 13:08 WIB
Waspada! Banjir Rob Diprediksi Terjang 7 Daerah di Jawa Tengah, Catat Tanggalnya - JPNN.com Jateng
Pekerja mengevakuasi sepeda motornya yang terendam banjir rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pertengahan Mei 2023. Ilustrasi FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait akan adanya banjir rob di tujuh daerah di Jawa Tengah.

Adapun tujuh daerah tersebut, di antaranya Kota Semarang, Demak, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Brebes, Pemalang, dan Kabupaten Pekalongan.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Taruna Mona Rachman mengatakan banjir rob itu dipengaruhi adanya fase bulan purnama.

"Potensi rob terjadi pada 26-28 Januari 2024, dengan adanya fase bulan purnama maka memengaruhi kenaikan muka air laut," Katanya pada Kamis (25/1).

Namun, kata dia, bulan purnama bukan satu-satunya faktor banjir rob yang terjadi di beberapa daerah Jawa Tengah.

"Potensi banjir rob juga harus memperhatikan faktor lain seperti data water level, prakiraan pasang surut, kecepatan angin dan ketinggian gelombang," jelasnya.

Dia mengatakan ketinggian banjir rob diperkirakan bisa mencapai 2 meter serta akan terjadi di pagi hingga malam hari.

"Kami mengimbau kepada warga di pesisir untuk waspada," ungkapnya.

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait akan adanya banjir rob di tujuh daerah di Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia