599 Desa di Jawa Tengah Ini Sinyal Internet Sudah Lancar

Rabu, 24 Januari 2024 – 22:00 WIB
599 Desa di Jawa Tengah Ini Sinyal Internet Sudah Lancar - JPNN.com Jateng
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan Program Internet Desa Tahun 2024. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) meluncurkan program Internet Desa Tahun 2024. Melalui program ini, sebanyak 215 desa akan mendapatkan bantuan saluran internet.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan peluncuran program Internet Desa merupakan transformasi digital dalam komunikasi pengembangan pariwisata dan perekonomian di Indonesia.

"Artinya, internet ini diharapkan dapat digunakan untuk lebih meningkatkan komunikasi dan promosi produk UMKM dan pariwisata di desa di Jateng," kata Nana di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (24/1).

Dia menerangkan pada 2024 akan ada 215 desa yang mendapatkan saluran internet. Program ini akan direalisasikan dalam empat tahap. Yakni, Januari 29 desa, Februari 46 desa, Maret 70 desa, dan April 70 desa.

Dengan demikian, desa yang tersambung program Internet Desa sejak 2022 hingga 2024 ada 599 desa. Dengan rincian, pada 2022 ada 53 desa, pada 2023 ada 331 desa, dan lalu 2024 ada 215 desa.

"Beberapa desa yang menjadi perhatian adalah desa-desa yang selama ini blank spot (daerah susah sinyal internet, red) yang menjadi perhatian utama kami," ujarnya.

Adanya program Internet Desa tersebut mendapatkan sambutan positif dari desa. Hal ini tampak saat dialog interaktif pada peluncuran program tersebut. Yaitu dari Desa Dawuhan, Kabupaten Banjarnegara dan Desa Banjaratma, Kabupaten Brebes.

Nana menjelaskan, keberadaan internet juga bisa dimanfaatkan desa. Termasuk dalam hal ini internet bisa dimanfaatkan untuk memberikani informasi manakala desa mengalami bencana seperti tanah longsor.

Pemprov Jateng meluncurkan program Internet Desa Tahun 2024. Melalui program ini, sebanyak 215 desa akan mendapatkan bantuan saluran internet.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News