Gandeng Perguruan Tinggi, Pemprov Jateng Ingin Mingurangi Kecelakaan Kerja

Rabu, 24 Januari 2024 – 15:53 WIB
Gandeng Perguruan Tinggi, Pemprov Jateng Ingin Mingurangi Kecelakaan Kerja - JPNN.com Jateng
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk mengakselerasi budaya keselamatan kesehatan kerja (K3) sejak dini.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan kerja sama tersebut bertujuan meminimalisir angka kecelakaan kerja.

"Edukasi ini penting mengingat banyaknya kasus kecelakaan kerja yang terjadi di perusahaan," kata Nana dalam acara pencanangan bulan K3 Provinsi Jateng di Lapangan Widya Puraya, Universitas Diponegoro, Rabu (24/1).

Acara pencanangan bulan K3 tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari perguruan tinggi, perusahaan, dan tenaga kerja, dan instansi terkait lainnya.

"Kebetulan seperti kampus di Undip ini ada jurusan K3 di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jadi perguruan tinggi bisa mengambil peran lebih dalam edukasi K3," kata Nana.

Dalam pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul, kata Nana, tidak hanya tersedianya regulasi yang baik, tetapi juga adanya pemahaman dan kesadaran  semua pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan.

"Perlu langkah-langkah konkret dalam rangka mengantisipasi dan juga mencegah kejadian kecelakaan kerja di Jawa Tengah ini," ujarnya.

Oleh karena itu, diperlukan pemahaman budaya K3 yang baik dan konsisten di tempat kerja. Dengan begitu, kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, dan penyakit terkait kerja akan dapat ditekan, sehingga  dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Pemprov Jateng menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk mengakselerasi budaya keselamatan kesehatan kerja (K3) sejak dini.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News