Wapres Ma'ruf Amin & Pj Gubernur Jateng Silaturahmi dengan Ulama di Pati, Bahas Pemilu 2024

Sabtu, 27 Januari 2024 – 19:37 WIB
Wapres Ma'ruf Amin & Pj Gubernur Jateng Silaturahmi dengan Ulama di Pati, Bahas Pemilu 2024 - JPNN.com Jateng
Silaturahmi Wapres Ma'ruf Amin & Pj Gubernur Jateng dengan ulama di Pati. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, PATI - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersilaturahmi dengan ulama dan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) di Ponpes Maslakul Huda Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (27/1).

Silaturahmi dilakukan seusai rombongan melakukan ziarah ke makam Syekh Ahmad Mutamakkin dan Kiai Haji (KH) Sahal Mahfudh yang lokasinya tak jauh dari pondok pesantren tersebut.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana menjelaskan ada beberapa hal yang dibahas dalam silaturahmi tersebut, di antaranya terkait dengan ekonomi pesantren, kondusifitas pada tahun politik, dan sebagainya. 

"Tadi juga membahas masalah politik. Tidak ada perpecahan, walaupun mempunyai pilihan masing-masing, tetapi rasa persatuan yang diutamakan," katanya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Maslakul Huda KH Abdul Ghofar Rozin mengatakan pesantren, umat, dan para santri diminta untuk tetap menjaga kondusifitas selama tahun politik, khususnya selama pelaksanaan tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Kendati begitu, Rozin memastikan dalam pertemuan 20 menit tersebut tidak ada arahan untuk berpihak pada salah satu pasangan calon presiden (capres) - calon wakil presiden (cawapres) tertentu.

"Apa pun pilihannya, kedamaian umat itu perlu dikedepankan. Tidak ada arahan apa pun dari Wapres untuk memilih atau preferensi capres-cawapres tertentu. Saya ulangi, tidak ada arahan apa pun (terkait capres-cawapres)," kata tokoh yang akrab disapa Gus Rozin ini.

Dia menyebut Wapres Ma'ruf Amin memberikan semangat kepada pesantren untuk lebih aktif dalam membangun ekonomi syariah dan ekonomi umat. Sebab pesantren juga didorong untuk menyokong kemandirian ekonomi.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersilaturahmi dengan ulama dan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) di Ponpes Maslakul Huda Desa Kajen, Pati.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News