Prakiraan Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah 29-31 Januari 2024, Ini Sebarannya

Senin, 29 Januari 2024 – 22:25 WIB
Prakiraan Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah 29-31 Januari 2024, Ini Sebarannya - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah tiga hari ke depan. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Jawa Tengah diprediksi akan dilanda cuaca ekstrem yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi berpotensi terjadi di sejumlah daerah pada 29-31 Januari 2024.

"Berdasarkan data yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Ahmad Yani Semarang hari ini, potensi terjadinya cuaca ekstrem itu dipengaruhi oleh beberapa faktor," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stamet Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo, Senin (29/1).

Dia mengatakan faktor pemicu terjadinya cuaca ekstrem itu di antaranya aktivitas monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator, termasuk sekitar wilayah Jateng.

"Daerah konvergensi terpantau di sekitar Jateng dan labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah," ujarnya.

Kondisi tersebut, kata dia, menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Jateng pada 29-31 Januari.

Terkait dengan hal itu, Teguh mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada 29-31 Januari yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

"Jika terjadi hujan lebat lebih dari satu jam, masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana diimbau untuk bisa melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang aman guna meminimalisasi risiko bencana," katanya. (antara/jpnn)

Berikut sebaran daerah prakiraan cuaca ekstrem di Jawa Tengah:

Jawa Tengah diprediksi akan dilanda cuaca ekstrem yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi berpotensi terjadi di sejumlah daerah pada 29-31 Januari
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News