AICIS 2024 di UIN Walisongo: Lahirkan Sembilan Butir Semarang Charter

Minggu, 04 Februari 2024 – 17:09 WIB
AICIS 2024 di UIN Walisongo: Lahirkan Sembilan Butir Semarang Charter - JPNN.com Jateng
Plt. Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Nizar Ali, M.Agpada penutupan AICIS ke-23 tahun 2024 di Hotel Padma, Semarang pada Sabtu (3/2/2024). Foto: Kemenag RI

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 2024 yang berlangsung pada Kamis-Minggu (1-4/2) di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Jawa Tengah telah selesai.

Konferensi para akademisi dunia itu menghasilkan sembilan butir Semarang Charter (Piagam Semarang).

Pelaksana Tugas (Plt) Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Nizar Ali membacakan sembilan butir Semarang Charter kesepakatan para pemuka dan pimpinan agama lintas negara saat penutupan AICIS di Hotel Padma, Sabtu (3/2) malam.

Nizar yang juga Sekretaris Jenderal Kementerian Agama itu berkesempatan membacakannya dalam bahasa Arab dan Indonesia, sedangkan di layar belakang panggung terpampang sembilan butir Semarang Charter yang tertulis dalam bahasa Inggris.

Sembilan butir Semarang Charter itu yakni, pertama keyakinan, tradisi, dan praktik keagamaan di seluruh dunia begitu kaya, beragam, dan tidak bisa ditafsirkan secara monolitik, sehingga masing-masing perlu mengenali dan menghormati keragaman ini sebagai sumber kekuatan dan pemahaman dalam merespons krisis kemanusiaan.

"Kedua, dalam menghadapi krisis kemanusiaan akhir-akhir ini komunitas agama-agama harus bersama-sama memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk meringankan penderitaan, membangun solidaritas, dan menciptakan keadilan dan kesetaraan," ujar Nizar.

Ketiga, ajaran agama harus ditafsirkan dan diterapkan dengan cara-cara yang sejuk dan moderat untuk melindungi martabat setiap individu, sehingga diperlukan advokasi untuk menjaga hak asasi manusia dan keadilan sosial di setiap elemen kehidupan manusia.

Keempat, untuk menghindari sedikit mungkin terjadinya konflik sosial, ekonomi, bahkan politik, para pemimpin dan lembaga agama harus secara aktif terlibat dalam dialog antar-agama dan kepercayaan, menghindari sentimen agama, membina pemahaman, dan kerja sama yang utuh sebagai jembatan empati antarsesama umat manusia.

AICIS 2024 yang diselenggarakan pada 1-4 Februari 2024 di UIN Walisongo Semarang melahirkan sembilan butir Semarang Charter.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News