Banjir Terjang Grobogan, Ribuan Warga Gubug Mengungsi

Selasa, 06 Februari 2024 – 10:15 WIB
Banjir Terjang Grobogan, Ribuan Warga Gubug Mengungsi - JPNN.com Jateng
Luapan Sungai Tuntang melanda Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. FOTO: Dokumen untuk JPNN.com.

jateng.jpnn.com, GROBOGAN - Ribuan warga di Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) terdampak banjir luapan Sungai Tuntang. Banjir kali ini merupakan yang terbesar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan Endang Sulistyoningsih menyebut air bah tersebut merupakan kiriman dari Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

"Mendadak, air kiriman dari Salatiga khususnya yang lewat Sungai Tuntang, Kedungjati terus turun ke bawah sampai Gubug. Terus ada kiriman dari Kabupaten Semarang lewat aliran Sungai Jragung," katanya kepada JPNN.com, Selasa (6/2).

Pihaknya belum bisa menyebutkan kedalaman air karena luasan banjir kiriman tersebut terus bertambah. Kendati begitu, Endang mengatakan, warga yang terdampak telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Kondisi warga sudah pada diungsikan di tempat-tempat aman, sementara di rumah-rumah warga yang agak tinggi dan fasilitas-fasilitas di sekitar lokasi," ujarnya.

Kini, pihaknya telah menyiapkan dapur umum untuk keperluan logistik. Nasi bungkus sebagai sarapan warga telah disalurkan kepada masyarakat terdampak.

"Logistik untuk dapur umum sudah kami siapkan. Namun, nasi bungkus untuk sarapan sudah tersedia," katanya.

Termasuk, pihaknya menyebut akan memberikan bahan pangan bagi para warga yang bisa memasak untuk keperluan logistik di pengungsian.

Ribuan Warga Gubug Grobogan mengungsi akibat luapan Sungai Tuntang. Jalur Semarang-Grobogan masih lumpuh total.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News