Pantura Demak-Kudus Lumpuh Akibat Banjir, Ini Jalur Alternatifnya

Jumat, 09 Februari 2024 – 22:10 WIB
Pantura Demak-Kudus Lumpuh Akibat Banjir, Ini Jalur Alternatifnya - JPNN.com Jateng
Tampak beberapa truk hanya terlihat atapnya saja karena Jalan Pantura Timur Kudus-Demak masih terputus akibat tergenang banjir, Jumat (9/2/2024). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

jateng.jpnn.com, DEMAK - Banjir yang menerjang Kabupaten Demak mengakibatkan jalan Pantura Demak-Kudus lumpuh pada Jumat (9/2).

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Sonny Irawan mengatakan banjir yang disebabkan tanggul Sungai Wulan jebol itu ketinggiannya mencapai 1-1,5 meter.

Dia pun melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan panjang. "Tindakan kami adalah melakukan rekayasa lalu lintas," katanya.

Arus lalu lintas dari arah Demak-Kudus atau sebaliknya, kata dia, dapat melalui jalur dari lampu merah Trengguli menuju Kecamatan Mijen.

Dia menjelaskan jalur alternatid tersebut akan tembus Kecamatan Welahan-Mayong-Nalumsari-Jetak di Kabupaten Jepara dan Kabupaten Kudus.

"Begitupula arah sebaliknya, pengendara yang dari arah Kudus ke Semarang dapat melalui jalur dari Jetak - Nalumsari - Mayong - Welahan - Mijen - Traffic Light Trengguli - Demak," ungkapnya.

Sementara itu, Satlantas Polres Kudus mengimbau pengemudi truk bersumbu dari arah Surabaya menuju Semarang agar masuk ke kantong parkir yang masih tersedia.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Pati Rembang dan sekitarnya agar truk bersumbu masuk kantong parkir atau menunda perjalanan sambil menunggu genangan banjir di dekat Jembatan Tanggulangin Karanganyar Demak surut," kata Kasat Lantas Polres Kudus AKP I Putu Asti Hermawan Santosa.

Banjir yang menerjang Kabupaten Demak mengakibatkan jalan Pantura Demak-Kudus lumpuh pada Jumat (9/2).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News