Banjir Kepung Semarang, Wali Kota Fokus Evakuasi Warga Terdampak

Kamis, 14 Maret 2024 – 16:42 WIB
Banjir Kepung Semarang, Wali Kota Fokus Evakuasi Warga Terdampak - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat mengevakuasi warga terdampak di Kelurahan Kuningan. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkap upaya evakuasi menjadi fokus perhatian dalam penanganan banjir kali ini.

Di sisi lain, pendirian dapur umum logistik dan pendistribusian obat-obatan terus dilakukan.

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut, meninjau sejumlah titik banjir, Kamis (14/3). Dia tampak memimpin langsung jalannya evakuasi masyarakat terdampak.

"Sementara evakuasi 12 orang di Taman Hasanudin, Kuningan, 15 orang di Kecamatan Gayamsari. Lalu di USM ada 100-an orang dari Telogosari dan Muktiharjo," kata Mbak Ita lokasi tinjauan banjir di Jalan Raya Kaligawe, Kecamatan Gayamsari.

Mbak Ita mengatakan mayoritas masyarakat yang terdampak, enggan dievakuasi. Mereka memilih bertahan di rumahnya masing-masing dengan alasan menjaga barang berharga.

Termasuk pula kondisi genangan air tak terlalu dalam, dan rumah mereka berlantai dua. Tak sedikit pula, para warga memilih mengungsi di rumah kerabatnya yang tak terdampak banjir.

Kendati begitu, pihaknya memastikan Basarnas bersama TNI-Polri, PMI dan sukarelawan kebencanaan bersiapsiaga penuh untuk melakukan evakuasi atau memberikan pertolongan kepada warga terdampak.

Kini, pos dapur umum juga telah didirikan lima lokasi. Dapur umum induk ditempatkan di Balai Kota Semarang. Lainnya berada di Kecamatan Semarang Utara, Kecamatan Gayamsari, Universitas Semarang (USM), dan Kecamatan Genuk.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkap upaya evakuasi menjadi fokus perhatian dalam penanganan banjir kali ini.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News