Mengurangi Curah Hujan, Pj Gubernur Jateng Akan Lakukan Rekayasa Cuaca

Jumat, 15 Maret 2024 – 14:52 WIB
Mengurangi Curah Hujan, Pj Gubernur Jateng Akan Lakukan Rekayasa Cuaca  - JPNN.com Jateng
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Curah hujan di Jawa Tengah dalam waktu beberapa hari terakhir ini masih tinggi, sehingga mengakibatkan sejumlah daerah mengalami bencana hidrometeorologi, khususnya di Kota Semarang.

Untuk mengurangi curah hujan, Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan kemungkinan dilakukan rekayasa cuaca.

"Rekayasa cuaca supaya intensitas hujan di Jawa Tengah, khususnya Semarang ada pengalihan," kata Nana, Jumat (15/3).

Menurut dia, cuaca ekstrem diperkirakan masih akan terjadi hingga sepekan ke depan.

"Pemerintah daerah akan berkoordinasi bersama BNPB dan BMKG untuk membahas kebutuhan akibat bencana di Jawa Tengah," ujarnya.

Selain faktor cuaca, lanjut dia, penurunan muka tanah juga menjadi salah satu pemicu bencana banjir di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

"Saya dapat info ada penurunan muka tanah. Ini yang harus kita waspadai," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, perlu dilakukan pengaturan penggunaan air tanah. "Sudah ada aturannya dan diterapkan," tambahnya.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan kemungkinan dilakukan rekayasa cuaca untuk mengurangi curah hujan di wilayah Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News