BNPB Turun Tangan Atasi Banjir Semarang, Genangan Air Mulai Surut

Minggu, 17 Maret 2024 – 20:58 WIB
BNPB Turun Tangan Atasi Banjir Semarang, Genangan Air Mulai Surut - JPNN.com Jateng
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto didampingi Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu meninjau banjir di Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, Minggu (17/3). FOTO: Humas Pemkot Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan meninjau sejumlah titik banjir Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (17/3).

Dua titik yang menjadi perhatian yaitu Kelurahan Genuksari, dan Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk. Dia menyebut sejumlah titik banjir di Kota Semarang sudah surut.

"Kami barusan meninjau daerah Semarang yaitu di Trimulyo, tinggal satu titik lagi," ujarnya seusai meninjau banjir di Kelurahan Trimulyo.

Menurutnya, kebutuhan warga yang mengungsi juga sudah dipenuhi oleh Pemkot Semarang. Mulai dari kesehatan, permakanan hingga air bersih. Dirinya mengapresiasi keberadaan dapur umum yang aktif menyediakan kebutuhan warga.

"Kami sudah cek para pengungsi, alhamdulillah kebutuhan dasar mereka terpenuhi karena Pemkot Semarang juga aktif menggelar dapur umum, jadi untuk masyarakat yang sedang berpuasa, terjamin kebutuhan sahur dengan buka puasanya," ujarnya.

"Jadi memang Semarang sudah relatif baik untuk tanggap daruratnya, kita lihat pengungsi juga rata-rata terpenuhi," ujarnya.

Walau begitu, distribusi bantuan logistik BNPB terus dilakukan. Termasuk bantuan pompa-pompa portabel.

"Artinya, saat tanggap darurat ini, untuk Semarang secara berangsur bisa terkendali dengan baik, khususnya penanganan pengungsi karena pengungsi juga tidak banyak, rata-rata bertahan di rumah," ujarnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan meninjau sejumlah titik banjir Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News