Tanah Longsor di Desa Rahtawu Kudus, Akses Jalan Tertutup, Dua Rumah Terdampak

Selasa, 19 Maret 2024 – 20:50 WIB
Tanah Longsor di Desa Rahtawu Kudus, Akses Jalan Tertutup, Dua Rumah Terdampak - JPNN.com Jateng
Aktivitas pembersihan jalan dari material longsor di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024). ANTARA/HO-BPBD Kudus

jateng.jpnn.com, KUDUS - Dua rumah warga di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terdampak bencana tanah longsor, Selasa (19/3).

Selain itu, longsot juga mengakibatkan akses jalan di desa tersebut tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Munaji menhgatakan bencana tanah longsor di Desa Rahtawu terjadi Selasa dini hari.

Selain sempat menutupi akses jalan warga desa setempat, material longsor juga mengakibatkan kerusakan satu rumah warga pada tembok bagian depan rumah serta menutup akses masuk ke rumah warga lainnya.

"Kedua rumah terdampak tersebut yakni milik Rosidi (45) dan Mainah (70)," ujarnya.

Sebelum terjadi musibah tanah longsor, daerah setempat dilanda hujan deras yang disertai angin kencang. Sedangkan untuk saat ini material longsor sudah bisa dievakuasi sehingga warga bisa melintas.

Sementara material longsor yang mengakibatkan kerusakan rumah dan menutup akses rumah warga juga dibersihkan dengan melibatkan sukarelawan BPBD, Kepolisian, TNI, Destana Rahtawu, dan Dinas PUPR Kudus dengan menerjunkan alat berat.

"Petugas juga sudah melakukan antisipasi longsor susulan dengan menutup lokasi longsor dengan plastik untuk menghindari air hujan masuk ke tanah karena bisa mengakibatkan longsor," ujarnya.

Dua rumah warga serta akses jalan di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terdampak bencana tanah longsor, Selasa (19/3).
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News