Bentuk Komitmen KKN UPGRIS Meningkatkan Kesehatan Warga Desa Tlogo

Selasa, 12 Maret 2024 – 05:15 WIB
Bentuk Komitmen KKN UPGRIS Meningkatkan Kesehatan Warga Desa Tlogo - JPNN.com Jateng
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPGRIS di Desa Tlogo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang turut berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Ilustrasi Foto: KKN Upgris

jateng.jpnn.com, KABUPATEN SEMARANG - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPGRIS di Desa Tlogo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang turut berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Hal tersebut diimplementasikan dengan melaksanakan program kerja (proker) di bidang kesehatan kepada masyarakat.

Ketua KKN UPGRIS Widha Saddam Ahmad Maulana mengatakan kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya posyandu untuk balita, senam bersama siswa MI Assalam dan sosiaslisasi bahaya pergaulan bebas untuk remaja di Desa Tlogo.

"Program kerja posyandu dilaksakanakan secara berkala mengikuti jadwal setiap dusun di Desa Tlogo. Sementara untuk kegiatan senam dilaksanakan setiap hari Sabtu, kemudian sosialisasi bahaya pergaulan bebas dilaksankan pada 2 Maret 2024," ujarnya.

Meningkatkan Kesehatan Balita

Posyandu untul balita dilakukan di enam dusun Desa Tlogo, yaitu di Dusun Karangduren, Dusun Kendal, Dusun Dali, Dusun Tlogo Krajan, Dusun Joyo, dan Dusun Dempel. Kegiatan ini terlaksana pada 21 Februari 2024.

"Kami aktif membantu dalam proses pemeriksaan kesehatan, mencatat data, dan memberikan informasi kepada orang tua tentang pola makan sehat, pentingnya imunisasi, serta cara-cara menjaga kesehatan balita di rumah," kata Widha Saddam.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengadakan sesi penyuluhan tentang perawatan bayi dan balita kepada ibu-ibu yang hadir. Mereka berbagi pengetahuan tentang pentingnya memberikan ASI eksklusif, cara memandikan bayi dengan benar, serta tanda-tanda bahaya pada bayi yang perlu segera ditangani.

"Kami hanya berperan sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai agen perubahan yang berupaya aktif untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Semoga upaya ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kesehatan balita dan keluarga di Desa Tlogo," ungkapnya.

Mahasiswa KKN UPGRIS turut berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di Desa Tlogo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia