Jokowi Kunjungi Korban Banjir Demak: Hujan Sudah Digeser ke Laut

Jumat, 22 Maret 2024 – 12:55 WIB
Jokowi Kunjungi Korban Banjir Demak: Hujan Sudah Digeser ke Laut - JPNN.com Jateng
Presiden Joko Widodo mengunjungi korban banjir di Demak, Jawa Tengah yang mengungsi di SMK Ganesa Kecamatan Gajah, Jumat (22/3). Foto: Sigit AF/JPNN.com

jateng.jpnn.com, DEMAK - Presiden Joko Widodo mengunjungi korban banjir Demak, Jawa Tengah yang mengungsi di SMK Ganesa Kecamatan Gajah, Jumat (22/3).

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09.30 WIB, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dan Bupati Demak Eisti'anah.

Kedatangan mereka disambut ribuan warga. Di sana Jokowi memberikan paket sembako dan uang tunai kepada korban banjir.

Presiden mengatakan banjir besar di Demak disebabkan cuaca ekstrem sehingga sejumlah sungai tidak kuat menampung tingginya debit air.

"Hujan sangat ekstrem sekali sehingga tanggul yang ada tidak muat dan jebol," katanya.

Dia mengatakan tanggul Sungai Wulan yang jebol sudah tertutup 100 persen pada pukul 01.00 WiB dan kini tinggal pengutan saja.

"Kita harapkan yang kedua tidak jebol lagi. Awan di atas sudah dilakukan TMC (teknologi modifikasi cuaca) sehingga bisa digeser ke arah laut untuk mengurangi hujan di Demak dan sekitarnya," ujarnya.

Dari laporan yang masuk ke dia, ketinggian air kini rata-rata sudah 50 sentimeter setelah sebelumnya ada yang mencapai 3 meter.

Presiden Jokowi mengunjungi korban banjir Demak. Dia menyebut air sudah surut hingga 50 cm setelah sebelumnya mencapai 3 meter.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News