Jembatan Tol Kaligawe Semarang Difungsikan saat Mudik Lebaran, Tetapi...

Minggu, 31 Maret 2024 – 21:09 WIB
Jembatan Tol Kaligawe Semarang Difungsikan saat Mudik Lebaran, Tetapi... - JPNN.com Jateng
Foto udara sejumlah kendaraan melintas di dekat proyek peninggian jalan dan jembatan Tol Kaligawe Semarang-Demak Seksi 1A di Jalur Pantura, Semarang, Jawa Tengah, Senin (4/3/2024). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/tom

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Jembatan Tol Kaligawe Kota Semarang, Jawa Tengah dipastikan sudah berfungsi secara dua arah pada arus mudik dan balik Lebaran 1445 Hijriah.

"Jembatan Kaligawe saat H-10 Lebaran sudah bisa fungsional dua arah di atas," kata Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Janto, saat dikonfirmasi di Semarang, Minggu (31/3).

Untuk jalan Kaligawe di bawah jembatan, kata dia, terutama ke arah Pelabuhan Tanjung Mas Semarang juga sudah bisa fungsional atau dilalui kendaraan pada arus mudik dan balik Lebaran.

Menurut dia, Jalan Tol Solo-Yogyakarta juga akan dibuka secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 1445 Hijriah, tetapi memang belum ada "rest area" atau tempat peristirahatan.

"Masih gratis karena fungsional ya. 'Rest area' belum ada, tetapi akan ada posko, misalnya di STA 13 di Colomadu. Ada posko Lebaran, sudah disiapkan tempat peristirahatan meski tidak sebesar 'rest area'," katanya lagi.

Kemudian, kata dia pula, posko Lebaran di STA 21 "Interchange" Karanganom, serta di jalur-jalur keluar tol juga disiapkan posko gabungan kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Kepala BBPJN Jateng-DIY Rien Marlia menegaskan bahwa kemantapan jalan nasional pada Lebaran tahun ini mencapai 96,97 persen, atau meningkat dibandingkan Lebaran lalu sebesar 94,31 persen.

Dia menyebutkan total panjang jalan nasional di Jateng-DIY mencapai 1.887,29 kilometer, terdiri atas jalan nasional di Jateng dengan kemantapan 96,73 persen, dan jembatan nasional 858 buah dengan panjang 33.432,87 meter dalam kondisi 91,94 mantap.

BBPJN Jateng-DIY memastikan bahwa jembatan Tol Kaligawe Semarang dapat difungsikan saat mudik Lebaran, tetapi...
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News