Gibran Jajaki Kerjasama Indonesia-India, Mau Tiru Program Makan Siang Gratis

Senin, 01 April 2024 – 20:29 WIB
Gibran Jajaki Kerjasama Indonesia-India, Mau Tiru Program Makan Siang Gratis - JPNN.com Jateng
Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka tengah menjajaki kerjasama dengan India. Kemungkinan kerjasama internasional antara Indonesia-India menyasar lintas sektoral.

Wacana kerjasama itu diketahui setelah Gibran bertemu dengan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Shri Sandeep Chakravorty di Balai Kota Solo, Senin (1/4). Shri datang bersama Kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Raden Ayu (RAy ) Febri Hapsari Dipokusumo.

Gibran setelah pertemuan itu mengungkapkan kemungkinan adanya kerjasama Indonesia-India di lintas sektoral. 

"Nanti ada, tetapi mau kami jajaki dulu ya. (Kerjasama di tingkat) nasional," ujarnya saat diwawancarai.

Di sisi lain, Shri Sandeep membeberkan adanya peluang kerjasama antara Indonesia dengan India di bidang kesehatan, direct flight (Jakarta-India), bioteknologi, pertanian, pembayaran digital hingga makan siang gratis.

"Kami sedang coba menjajaki kerja sama dalam bidang kesehatan, konektivitas, dan sekarang ada delegasi Indonesia di India, mereka sedang mencari tahu tentang bioteknologi, juga soal pertanian, pembayaran digital," ujarnya.

Khusus untuk makan siang gratis, Shri Sandeep menyebut bahwa saat ini sudah ada tim dari Indonesia yang mempelajari kebijakan penerapan makan siang gratis di India. 

"Ada tim yang sudah diterjunkan ke India, untuk melihat bagaimana India menerapkan kebijakan itu. Seperti kalian tahu, itu menjadi salah satu manifestonya," kata dia.

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka tengah menjajaki kerjasama Indonesia-India, termasuk soal program makan siang gratis 
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News