BMKG Minta Warga Semarang Waspada Efek Supermoon: Rob Jelang Idulfitri

Minggu, 07 April 2024 – 10:09 WIB
BMKG Minta Warga Semarang Waspada Efek Supermoon: Rob Jelang Idulfitri - JPNN.com Jateng
Rob menerjang Kota Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) agar waspada terkait pasang air laut yang berdampak pada banjir rob. Peringatan kewaspadaan ini berlaku mulai Minggu (7/4) pukul 16.00 - 20.00 WIB. 

Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Ganis Erutjahjo menyebut, aktivitas pesisir akan terganggu banjir rob.

"Kami juga mengimbau masyarakat selalu waspada dan siaga dengan selalu memperhatikan update informasi BMKG guna mengantisipasi dampak dari banjir rob ini," katanya.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan fenomena supermoon atau purnama sempurna akan terjadi pada 9 April 2024 atau sehari jelang Idulfitri 1445 Hijriah.

Dwikorita menjelaskan, fenomena tersebut berpotensi menyebabkan air pasang maksimum karena posisi bulan terdekat dengan bumi sehingga memiliki daya gravitasi terkuat pula.

Kewaspadaan akan air pasang tak hanya berlaku bagi wilayah Kota Semarang saja, melainkan juga pada berbagai wilayah pesisir Indonesia.

Fenomena supermoon juga diprediksi menjadikan langit malam akan lebih terang dari biasanya.

Hal ini disebabkan lintasan bulan mengelilingi bumi tidak bulat sempurna namun cenderung elips atau lonjong dan bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.(mcr5/jpnn)

Prediksi Rob Jelang Idulfitri, BMKG Minta Warga Semarang Waspada Efek Supermoon

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News