3,26 Juta Pemudik di Jawa Tengah Belum Kembali ke Perantauan

Kamis, 18 April 2024 – 22:33 WIB
3,26 Juta Pemudik di Jawa Tengah Belum Kembali ke Perantauan - JPNN.com Jateng
Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno saat penutupan Posko Terpadu Lebaran 2024 Pemprov Jateng, di Semarang, Kamis (18/4/2024). (ANTARA/HO-Pemprov Jateng)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Diperkirakan sebanyak 3,26 juta pemudik di Jawa Tengah belum kembali ke perantauan seusai berlebaran di kampung halaman.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Perhubungan Jateng Erry Derima Ryanto mengatakan jumlah pemudik yang masuk dan melintas di Jateng pada Lebaran 2024 mencapai 16,86 juta orang.

"Pada arus balik, jumlah orang yang keluar Jateng sekitar 13,5 juta orang sehingga diperkirakan sebanyak 19 persen atau 3,26 juta orang belum kembali ke perantauan," katanya seusai penutupan Posko Terpadu Lebaran 2024 Provinsi Jateng, Kamis (18/4).

Dia mengatakan berdasarkan penghitungan data arus lalu lintas jalan tol maupun non-tol selama arus mudik dan balik Lebaran, jumlah kendaraan yang masuk Jateng sebanyak 1.062.286 unit, sedangkan yang keluar tercatat 785.619 unit.

"Kami juga menerima pengaduan dari masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran melalui berbagai kanal aduan, seperti Twitter (sekarang X, red), Facebook, Lapor Gub, dan WhatsApp yang berjumlah 80 laporan," ujarnya.

Erry memastikan bahwa semua aduan dari masyarakat telah direspons dan ditindaklanjuti oleh tim.

"Meskipun Posko Terpadu Lebaran hari ini ditutup, para petugas Balai Perhubungan masih tetap melaksanakan Posko Kewilayahan sampai tanggal 19 April 2024 pukul 08.00 WIB," katanya.

Sementara itu, Sekda Jateng Sumarno mengatakan sekitar 16 juta pemudik yang masuk di Jateng telah memberikan dampak ekonomi bagi wilayahnya.

Diperkirakan sebanyak 3,26 juta pemudik di Jawa Tengah belum kembali ke perantauan seusai berlebaran di kampung halaman.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News