Tahun Ini, Kemenag Surakarta Berangkatkan 460 Calon Jemaah Haji

Senin, 29 April 2024 – 15:48 WIB
Tahun Ini, Kemenag Surakarta Berangkatkan 460 Calon Jemaah Haji - JPNN.com Jateng
Para calon jemaah haji saat mengikuti kegiatan di gedung Jeddah Asrama Haji Donohudan. Iliustrasi Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Kementerian Agama (Kemenag) Surakarta akan memberangkatkan 460 orang asal Solo untuk haji tahun ini. Sebanyak 60 persen di antaranya adalah lansia.

Dibandingkan tahun lalu, jumlah tersebut bertahan 9 orang. Kepala Kantor Kemenag Surakarta Hidayat Maskur mengatakan calon jemaah haji (calhaj) akan dibagi dalam 2 kloter. Mereka akan didampingi oleh 5 petugas di setiap kloternya. 

Kloter pertama berjumlah 205 orang dan akan diberangkatkan pada 5 Juni 2024 pukul 01.35 WIB dari Bandara Adi Soemarmo Solo. Kemudian, kloter kedua sejumlah 255 orang diberangkatkan pada 6 Juni 2024 juga dari bandara yang sama.

Selain 460 orang dipastikan terdaftar untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini, terdapat 30 orang berstatus cadangan. 

"Pelunasan sudah lama, kami juga punya cadangan 30 orang. Nanti ada 2 kloter," ujar Hidayat saat dihubungi, Senin (29/4). 

Menurut Hidayat untuk haji tahun ini, jemaah yang akan berangkat 60 persen adalah lansia, sehingga pelayanan terhadap orang berusia lanjut itu akan menjadi prioritas.

"Insyaallah kami tetap kami mengambil tagline haji ramah lansia untuk 2024. Untuk semua layanan dilaraskan melayani yang lansia terlebih dahulu. Bagian dari prioritas," katanya.

Dijelaskan Hidayat, pihaknya telah menyosialisasikan senam haji sebagai upaya menjaga kondisi tubuh tetap fit selama melaksanakan ibadah haji.

Kementerian Agama (Kemenag) Surakarta akan memberangkatkan 460 orang asal Solo untuk haji tahun ini
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News