Nana Sudjana Sebut Pengangguran Terbuka di Jawa Tengah Turun

Selasa, 14 Mei 2024 – 09:00 WIB
Nana Sudjana Sebut Pengangguran Terbuka di Jawa Tengah Turun - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka di Jawa Tengah pada Februari 2024 sebesar 4,39 persen, atau mengalami penurunan 0,85 persen dibandingkan dengan Februari 2023.

Persentase tingkat pengangguran terbuka tersebut berada di bawah angka pengangguran terbuka nasional yang mencapai 4,82 persen.

Adapun jumlah penduduk bekerja di Jateng sebanyak 20,41 juta orang, naik 0,45 juta orang dibandingkan Februari 2023.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, investasi yang terus tumbuh menjadi faktor utama pendorong turunnya angka pengangguran terbuka di wilayah tersebut.

"Banyaknya investor yang masuk ke Jateng dengan dibukanya rumah makan dan pabrik-pabrik, makin menumbuhkan perekonomian masyarakat dan menekan pengangguran," kata Nana di Semarang, Senin (13/5).

Lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan terbesar adalah sektor penyediaan akomodasi dan makanan minuman sebesar 0,15 juta orang, disusul sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib sebesar 0,12 juta orang.

Nana mengatakan Kota Semarang menjadi salah satu daerah yang menjadi tujuan investor untuk menanamkan modalnya sehingga memacu pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut dan sekitarnya.

"Kami berharap lebih banyak lagi investor yang masuk sehingga menambah lapangan pekerjaan. Ketika pengangguran turun maka angka kemiskinan juga ikut turun," jelas Nana.

Nana Sudjana sebut investasi yang terus tumbuh menjadi faktor utama pendorong turunnya angka pengangguran terbuka di Jawa Tengah..
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia