Ritual Thudong Dimulai dari Semarang, Bhikkhu Sambut Waisak Jalan Kaki Sampai Candi Borobudur

Rabu, 15 Mei 2024 – 22:40 WIB
Ritual Thudong Dimulai dari Semarang, Bhikkhu Sambut Waisak Jalan Kaki Sampai Candi Borobudur - JPNN.com Jateng
Bhikkhu Thudong tiba di Vihara Buddha Dipa Pakintelan, Gunungpati, Kota Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Puluhan bhikkhu thudong tiba di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (15/5). Dari Semarang, bhikkhu dari Thailand ini akan melakukan ritual thudong menyambut Waisak di Candi Borobudur, Magelang.

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana menerima kedatangan puluhan bhikkhu thudong dari Thailand yang sudah tiba di Kota Semarang.

Nana menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng bersama TNI-Polri dan gabungan sukarelawan mengawal dan menyukseskan ritual thudong hingga  puncak peringatan Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 Masehi.

"Kami menerima para bhikkhu thudong yang melakukan perjalanan dari Jakarta. Hari ini tiba di Vihara Buddha Dipa,
Pakintelan, Gunungpati, Kota Semarang," kata Nana.

Setidaknya ada 40 bhikkhu yang melakukan ritual thudong. Di Semarang mereka akan bermalam di Vihara Sima 2500 Buddha Jayanti, Bukit Kassapa, Pudakpayung, Banyumanik.

Keesokan harinya, para bhikkhu akan melanjutkan perjalanan ke Ambarawa, Kabupaten Semarang berlanjut ke Temanggung, kemudian diteruskan ke Candi Borobudur, Magelang.

"Pemprov Jateng menyambut baik dari ritual keagamaan ini. Mereka adalah para biksu dari Thailand. Kami akan mengawal, mengamankan, dan menyukseskan seluruh rangkaian dari kegiatan ritual thudong ini," katanya.

Sementara itu, Bhante Kamsai Sumano Mahathera mengatakan ritual thudong dari Thailand ke Indonesia ini merupakan tahun kedua. Dia mengucap terima kasih karena masyarakat menyambut luar biasa.

Bhikkhu sambut Waisak jalan kaki sampai Candi Borobudur mengawali ritual thudong dari Semarang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News