Silpa APBD Kendal 2023 Turun 31,8 Persen, Bupati Dico Patut Diapresiasi

Rabu, 22 Mei 2024 – 06:48 WIB
Silpa APBD Kendal 2023 Turun 31,8 Persen, Bupati Dico Patut Diapresiasi - JPNN.com Jateng
Bupati Kendal Dico Ganinduto. Foto: Instagram.com/dicoganinduto

jateng.jpnn.com, KENDAL - Bupati Kendal Dico Ganinduto menyebut bahwa Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) APBD 2023 sebesar Rp103 miliar.

Hal tersebut disampaikan dalam laporan nota keuangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kendal pada rapat paripurna pada Rabu (15/5).

Dico mengatakan angka tersebut diklaim mengalami penurunan sebesar 31,8 persen dibanding tahun sebelumnya. Silpa tersebut yaitu terdiri dari sisa kas dan bank di bendahara umum daerah sebesar Rp 93 miliar.

Lalu, sisa kas di bendahara penerimaan Rp 49 juta, kas di BLUD RSUD Soewondo Kendal sebesar Rp 3,1 miliar, kas BLUD Puskesmas Rp 4,7 miliar, kas bendahara BOS Rp 3,9 juta, dan kas lainnya sebesar Rp 1,9 miliar.

"Itu Silpa terikat. Kalau Silpa yang tidak terikat itu di angka Rp 10 miliar. Dan belum pernah Silpa di Kendal sekecil itu," kata Dico.

Lebih lanjut, Dico juga mengklaim bahwa Silpa APBD Kendal terus mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya. Terlebih di era kepemimpiannya.

"Memang ada yang harus disisihkan di sana (BLUD). Gak boleh diotak-atik. Kalau bicara penyelenggaraan pemerintahan di 2023 ini sangat-sangat efektif dan maksimal," ujarnya.

Dico memprediksi bahwa pada pertengahan 2023 akan terjadi defisit anggaran. Namun, bisa segera diantisipasi dengan efisiensi sesuai dengan prioritas.

Bupati Kendal Dico Ganandito patut diapresiasi atas kinerjanya berhasil menurunkan Silpa APBD Kendal 2023.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News