Indosat Pilih Demak Jadi Lokasi Digitalisasi Konservasi Mangrove Skala Nasional

Senin, 27 Mei 2024 – 18:56 WIB
Indosat Pilih Demak Jadi Lokasi Digitalisasi Konservasi Mangrove Skala Nasional - JPNN.com Jateng
Teknologi Internet of Things (IoT) untuk mengantisipasi dampak abrasi. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Desa Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng) menjadi lokasi penerapan Digitalisasi Konservasi Mangrove skala nasional oleh Indosat Ooredoo Hutchison.

Pelestarian lingkungan di wilayah pesisir dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mengantisipasi dampak abrasi di pantai utara Jawa ini menggandeng Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Muhammad Buldansyah, Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan isu perubahan iklim menjadi perhatian global karena dampaknya yang signifikan di seluruh dunia.

"Khusus di daerah pantai utara Jawa, kami melihat bahwa abrasi kini telah menyebabkan banyak wilayah pesisir terendam, termasuk lahan produktif," ujarnya dalam keterangan pers di Undip Semarang, Senin (27/5).

Lewat program Digitalisasi Konservasi Mangrove ini, pihaknya berkomitmen mendukung upaya pengendalian abrasi lewat pelestarian vegetasi pantai utara Jawa.

Program yang melibatkan  civitas akademika Undip ini mendorong kolaborasi antara pihak akademisi dengan praktisi bidang teknologi. Langkah ini sejalan dengan transformasi Indosat dari perusahaan telekomunikasi (TelCo) ke perusahaan teknologi (TechCo).

"Melalui kolaborasi ini, Indosat menghadirkan solusi IoT berupa teknologi Silvo-fishery," ujarnya.

Teknologi ini merupakan pengembangan sistem akuakultur yang menggabungkan teknologi perikanan dengan penanaman mangrove, dan turut dilengkapi dengan sistem manajemen yang mampu mengurangi dampak pada lingkungan.

Dengan teknologi Silvo-fishery, Indosat mengandalkan kekuatan IoT-nya untuk memonitor kualitas air dan produktivitas tambak perikanan, sekaligus melestarikan ekositem mangrove di dalamnya.

Demak jadi pilihan Indosat untuk lokasi Digitalisasi Konservasi Mangrove skala nasional.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia