Sandiaga Janjikan Pengembangan Wisata yang Tak Merusak Alam di Karanganyar.

Senin, 03 Juni 2024 – 07:10 WIB
Sandiaga Janjikan Pengembangan Wisata yang Tak Merusak Alam di Karanganyar. - JPNN.com Jateng
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengisi Kuliah Umum di UMUKA Karanganyar, Minggu (2/6). FOTO: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, KARANGANYAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno diprotes oleh salah seorang mahasiswa saat mengisi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu (2/6). 

Wiryawan, tokoh pemuda daerah Kemuning Karanganyar itu, mengungkapkan bahwa masyarakat di sekitar kebun teh Kemuning terbuka dengan pengembangan wisata di kawasan tersebut. Namun, jangan sampai mengarah pada eksploitasi. 

”Kami mendukung kalau wisatanya maju. Namun, kami ingin lingkungan kami tidak dirusak, karena saat ini di sana sudah banyak pengembangan selain lokasi wisata,” katanya.

Menanggapi keluhan tersebut, Sandiaga berjanji secepatnya melihat langsung kondisi kebun teh Kemuning.

”Wisata itu tidak lepas dari semua unsur air dan tanah, saya akan jadwalkan untuk mengecek Kemuning. Saya dengar saat ini menjadi salah satu wisata yang patut dikunjungi,” terang Sandiaga.

Sementara itu, saat ditanya terkait adanya pembangunan wisata yang merusak alam, Sandiaga menegaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan PJ Bupati Karanganyar Timotius Suryadi untuk sesegera mungkin menuntaskan masalah tersebut. 

"Saya akan berkoordinasi dengan Pak Bupati tentang karena sejatinya pembangunan pariwisata serta mendukung pelestarian alam dengan konsep pariwisata hijau," ujarnya.

Kemenparekraf, kata dia, akan melakukan kajian. Apabila ditemukan pembangunan tempat wista yang tidak mengacu pada konsep keberlanjutan dan pelestarian alam tempat wisata tersebut harus disesuaikan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjanjikan pengembangan wisata dengan konsep pariwisata hijau di Karanganyar.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia