Sukolilo Pati Jadi Kampung Maling & Desa Bandit di Google Maps, Begini Kata Kapolda Jateng

Sabtu, 15 Juni 2024 – 23:12 WIB
Sukolilo Pati Jadi Kampung Maling & Desa Bandit di Google Maps, Begini Kata Kapolda Jateng - JPNN.com Jateng
Pelabelan kampung maling pada aplikasi Google Maps di wilayah Sukolilo, Kabupaten Pati. FOTO: Tangkapan layar Google Maps.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sejumlah titik pada aplikasi Google Maps di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ditandai sebagai kampung maling dan desa bandit.

Stigma itu makin menjadi seusai insiden maut bos rental mobil asal Jakarta yang meninggal dunia dikeroyok massa di wilayah itu pada Kamis (6/6) lalu.

Setidaknya terdapat 10 tanda yang menyebutkan Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati sebagai kampung maling dan desa bandit.

Di antaranya, "Sumber Maling", "Surga Maling", "Hotel Maling", "Deso Kelahiran Maling", "Kampung Maling Mobil" hingga "Desa Bandit" masih tersemat saat berita ini ditulis.

Belum diketahui pasti yang melabeli Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati sebagai kampung maling dan desa bandit pada aplikasi Google Maps. Namun, pemberian tanda tempat tersebut bisa dilakukan oleh semua pengguna Google Maps.

Dalam kasus ini, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut tidak seharusnya masyarakat melegitimasi suatu daerah menjadi negatif karena adanya kasus kejahatan.

"Kita tidak bisa menjustifikasi bahwa wilayah Pati khususnya Sukolilo adalah kampung blablabla," katanya, saat memaparkan pengembangan kasus pengeroyokan bos rental mobil di Mapolda Jateng, Sabtu (15/6).

Dia menyebut dalam bahasa psikologi massa, kasus pengeroyokan bos rental mobil di Pati adalah hasil ungkapan kemarahan yang ditandai dengan emosi sesaat.

Begini kata Kapolda Jateng soal stigma Sukolilo Pati jadi kampung maling & desa bandit di Google Maps.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News