Pimpinan KPK Alexander Marwata Ingatkan Bupati-Wali Kota di Jateng: Walk the Talk

Jumat, 12 Juli 2024 – 06:38 WIB
Pimpinan KPK Alexander Marwata Ingatkan Bupati-Wali Kota di Jateng: Walk the Talk - JPNN.com Jateng
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyatakan Indonesia sedang darurat tokoh pemimpin antikorupsi yang bisa menjadi panutan.

Alex menyebut kepala daerah selayaknya pimpinan harus menjadi contoh yang baik bagi anak buahnya. Tidak hanya sebatas perkataan, tetapi melakukannya alias walk the talk.

"Walk the talk. Pimpinan tidak hanya sekadar omong, apa yang kamu ucapkan itu yang kamu lakukan," katanya dalam pembukaan Roadshow Bus KPK di Semarang, Kamis (11/7).

Dalam pengamatannya, Indonesia sedang defisit tokoh-tokoh yang bisa menjadi panutan. Dia mengajak para kepala daerah untuk menengok bapak pendiri bangsa seperti Bung Hatta sebagai panutan.

Selain sang proklamator, Alexander juga menyebut Jaksa Agung Baharuddin Lopa, Hakim Agung Ismail Saleh, Kapolri Hoegeng yang memiliki integritas dan kapabilitas luar biasa.

"Apa teladan yang diwariskan Bung Hatta salah satunya ingin membeli sepatu Bally buatan Swiss, mengkliping iklan sepatu itu sampai wafat tidak terbeli. Seharusnya menjadi panutan kita," katanya.

Alex menyatakan kekurangan tokoh panutan itu dilihatnya saat menjadi pimpinan KPK selama sembilan tahun terakhir ini. Terlebih saat melihat kontestasi pemilihan umum (Pemilu) Februari lalu.

Dia bilang, pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan calon anggota legislatif (pileg) 2024 yang sukses tak ada huru hara, tetapi menurutnya kental dengan politik uang atau money politic.

Walk the Talk, jadi pengingat Bupati-Wali Kota di Jateng yang diungkapkan Pimpinan KPK Alexander Marwata.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia