Keren Nih, Mahasiswa Udinus Semarang Hadirkan Solusi Deteksi Pembuluh Vena pada Kulit Gelap

Senin, 15 Juli 2024 – 16:05 WIB
Keren Nih, Mahasiswa Udinus Semarang Hadirkan Solusi Deteksi Pembuluh Vena pada Kulit Gelap - JPNN.com Jateng
Mahasiswa Udinus Semarang menghadirkan teknologi bernama Melanveer, solusi mendeteksi pembuluh vena pada kulit gelap. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Mahasiswa Teknik Biomedis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menghadirkan inovasi dalam mencari pembuluh vena sering terjadi saat melakukan tindakan invasif, terutama pada pasien dengan pigmentasi kulit gelap.

Inovasi itu diciptakan oleh lima mahasiswa dengan menghadirkan teknologi bernama Melanveer.

Melanveer didesain dengan mempertimbangkan kenyamanan pengguna. Alat ini berbentuk persegi panjang dan terbagi menjadi dua bagian.

Di sisi kanan terdapat layar monitor selebar telapak tangan orang dewasa, sedangkan di sisi kiri terdapat bantalan untuk meletakkan tangan pengguna serta kamera infrared yang mampu membaca pembuluh darah vena manusia.

Alat ini menggunakan baterai 12 Volt yang mampu bertahan sekitar 4 jam dan memproses data menggunakan Raspberry Pi 4.

Adapun tim yang merancang Melanveer terdiri dari Ivone Adeline, Andri Maulana, Salzabila Hartriningsih, Mauldy Nawa Ayu Wulandari, dan Gumilar Ilham Luwiyan.

Ivone sebagai ketua tim menjelaskan bahwa alat ini telah dirancang sejak bulan April dan terus mengalami penyempurnaan.

"Melanveer juga efektif digunakan pada pengguna dengan badan relatif gemuk, di mana pembuluh vena mereka tetap dapat terdeteksi," ungkapnya kepada JPNN.com, Senin (15/7).

Mahasiswa UdinusSemarang menghadirkan inovasi dalam mencari pembuluh vena sering terjadi saat melakukan tindakan invasif.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia