Pengamat Udinus Bambang Minarso Menyoroti Perkembangan Profesi Akuntan di Era Teknologi

Selasa, 06 Agustus 2024 – 21:40 WIB
Pengamat Udinus Bambang Minarso Menyoroti Perkembangan Profesi Akuntan di Era Teknologi - JPNN.com Jateng
Pengamat akuntan dari Udinus Semarang Bambang Minarso. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pengamat dan pemerhati profesi akuntansi dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Bambang Minarso mengatakan etika merupakan elemen krusial dalam profesi akuntan, sama seperti dalam profesi lainnya.

Dia menjelaskan bahwa menjadi seorang akuntan, seseorang harus memenuhi berbagai persyaratan, termasuk pendidikan formal, standar kualifikasi profesional, dan standar perilaku. Selain itu, terdapat organisasi profesi yang menaungi para akuntan.

"Dengan pesatnya perkembangan teknologi, peran etika dalam akuntansi menjadi makin penting," katanya di Semarang, Selasa (6/8).

Transformasi digital yang terjadi di berbagai sektor, kata dia, menimbulkan tantangan baru bagi perusahaan dan profesional akuntansi, terutama dalam penggunaan teknologi untuk mengelola informasi keuangan.

"Oleh karena itu, akuntan harus terus mengeksplorasi dan menekankan pentingnya etika dalam pekerjaan mereka," ungkapnya.

Dia juga menyoroti dampak signifikan teknologi baru dan perubahan cara kerja di perusahaan terhadap profesi akuntan. Menurutnya, tantangan yang dihadapi akuntan di era digital ini termasuk menjaga etika kerja di tengah kemajuan teknologi yang pesat.

"Teknologi yang terus berkembang bisa menjadi tantangan bagi akuntan untuk tetap berpegang pada prinsip etika. Etika adalah teman sejati bagi akuntan dalam menjalankan profesinya. Dengan berpegang teguh pada etika, akuntan dapat memperoleh kepercayaan publik, menjaga integritas, bersikap jujur, dan mematuhi aturan serta hukum," ujar Bambang.

Dia juga menekankan bahwa di era digital, akuntan harus lebih berhati-hati dan bijaksana dalam mengelola data dan informasi keuangan.

Pengamat Udinus Bambang Minarso mengatakan etika merupakan elemen krusial dalam profesi akuntan, sama seperti dalam profesi lainnya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News