Tiap 2 Menit, Perempuan Meninggal Dunia karena Kanker Serviks

Kamis, 08 Agustus 2024 – 04:21 WIB
Tiap 2 Menit, Perempuan Meninggal Dunia karena Kanker Serviks - JPNN.com Jateng
Diskusi pencegahan kanker serviks bertajuk Jaga Bersama di Hotel Khas Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) atau Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa mencatat setiap dua menit, seorang wanita meninggal dunia karena kanker serviks.

Imunisasi vaksin Human Papillomavirus (HPV) terus digencarkan untuk anak perempuan usia 11 dan 12 tahun. Upaya itu sebagai benteng penyakit kanker leher rahim atau serviks.

Setidaknya, dalam dua tahun terakhir pemerintah memasifkan imunisasi anak sebagai kunci untuk melindungi mereka dari berbagai penyakit menular berbahaya.

Edukasi, sosialisasi, hingga advokasi terus dilakukan. Salah satunya dengan Portal Kesehatan Masyarakat (Portkesmas) yang didukung oleh UNICEF Indonesia.

Arie Rukmantara, Chief of UNICEF Java Field Office menyatakan komitmen bersama secara global perlindungan kehidupan 86 juta anak perempuan dan mendukung 21 negara, termasuk Indonesia, dalam memberikan imunisasi HPV.

"Pendekatan multi-sektoral UNICEF yang memanfaatkan platform sekolah dan komunitas kami utamakan untuk melindungi hak-hak anak perempuan dan memastikan permintaan terhadap vaksin, demand generation, tumbuh tinggi," ujarnya.

Menurut Kepala Perwakilan UNICEF di Jawa tersebut, imunisasi HPV penting disukseskan karena setiap dua menit, seorang wanita meninggal karena kanker serviks.

"Imunisasi HPV dapat mencegah sebagian besar kasus. Dan, apabila dikombinasikan dengan skrining dan pengobatan, menyediakan jalan menuju eliminasi," katanya.

Vaksin HPV digencarkan menyusul data perempuan meninggal dunia karena kanker serviks tiap 2 menit.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News