Guru Besar ITB Luncurkan Buku 'Negara Bermartabat' di Solo

Selasa, 13 Agustus 2024 – 10:22 WIB
Guru Besar ITB Luncurkan Buku 'Negara Bermartabat' di Solo - JPNN.com Jateng
Guru Besar ITB Prof. Ir. Tutuka Ariadji saat menyerahkan buku 'Negara Bermartabat' kepada Gusto Bhre di Candi Ratna Pura Mangkunegaran. Kota Solo, Senin (12/8) malam. Foto: Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Sebuah buku berjudul 'Negara Bermartabat' dalam konsep politik teknologi berkelanjutan diluncurkan Guru Besar ITB Prof. Ir. Tutuka Ariadji, Senin (12/8) malam. Peluncuran dilakukan di Candi Ratna Pura Mangkunegaran dan dihadiri oleh KGPAA Mangkunegara X Gusti Bhre.

Negara Bermartabat merupakan impian setiap bangsa di dunia ini. Hal itulah yang melatarbelakangi mantan Dirjen Migas itu untuk menuangkan ide-idenya membangun Indonesia.

Menurut Tutuka, sebuah negara bermartabat adalah konsep impian setiap bangsa selama ini. Hal itu akan menjadikan suatu bangsa dapat menjadi negara besar dengan kemampuan rakyatnya yang berpikir besar bagi negaranya dan dunia.

"Indonesia akan menjadi negara maju apabila rakyatnya dapat menjalani kehidupan dengan sejahtera, bahagia, mempunyai kesempatan berpikir, dan berbuat besar untuk negaranya dan dunia," kata dia.

Namun, bagi Tutuka negara-negara termasuk Indonesia tidak akan mudah untuk memujudkan impian itu. Terlebih jika melihat percakapan dan perdebatan tidak bermoral yang ada di media sosial.

Maka lanjut dia diperlukan sebuah konsep politik teknologi yang tepat.

"Kita harus melihat kemampuan, SDM kita seperti apa. Kita satukan dengan teknologi yang tepat untuk bangsa dan negara. Yang tentu saja dengan memperhatikan kepentingan masyarakat dunia agar bumi bisa bertahan berkelanjutan," bebernya.

Prof Tutuka menambahkan, prinsip dasar yang ingin disampaikan, yakni untuk menjadi Negara Bermartabat harus diawali dengan menjadi individu bermartabat. Hal itu harus dicapai dengan menyeimbangkan antara nalar, nafsu dan spiritual.

Sebuah buku berjudul 'Negara Bermartabat' dalam konsep politik teknologi berkelanjutan diluncurkan Guru Besar ITB Prof. Ir. Tutuka Ariadji, Senin (12/8) malam.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News