Posyandu ILP di Demak Layani Masyarakat Semua Usia

Jumat, 20 September 2024 – 06:00 WIB
Posyandu ILP di Demak Layani Masyarakat Semua Usia - JPNN.com Jateng
Bupati Demak Eisti'anah saat monitoring Posyandu ILP di Desa Pundenarum Kecamatan KarangawenKamis (19/09/2024). Foto: Dokumen untuk JPNN

jateng.jpnn.com, DEMAK - Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, melayani masyarakat dari berbagai usia. Posyandu ini diadakan untuk mengurangi angka kesakitan masyarakat.

Bupati Demak Eisti'anah menyampaikan Posyandu ILP merupakan instruksi pemerintah pusat melalui Kemenkes RI terkait transformasi kesehatan.

"Posyandu yang dulu terpisah-pisah layanannya kini menjadi terpadu di satu tempat, disebut Posyandu ILP. Sangat bermanfaat, karena semua usia terlayani dengan baik," kata bupati saat monitoring Posyandu ILP di Desa Pundenarum Kecamatan KarangawenKamis (19/09).

Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Ali Maimun, Kepala Puskemas Karangawen 1 dr Maria Ulfah, serta Kepala Desa Pundenarum Kasmi.

Eisti, sapaan akrabnya, menjelaskan posyandu ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk mengurangi angka kesakitan dan kedatangan ke puskemas atau pun rumah sakit untuk berobat.

"Masyarakat yang datang ke Posyandu ILP dari semua unsur siklus usia dicek. Mulai ibu hamil, bayi lahir hingga lansia. Sambil diberi edukasi tentang hidup sehat atau GERMAS," tuturnya.

Ketika ada yang memiliki riwayat hipertensi atau DM, kader didampingi Bidan desa atau nakes dari puskemas akan memberikan edukasi sehingga tidak menjadi stroke atau kondisi lebih parah.

Jika terdeteksi ada penyakit tertentu akan dirujuk ke puskemas pembantu (Pustu). Jika masih belum mampu dilanjutkan ke puskemas. Dengan begitu dapat meminimalisir orang sakit dan kedatangan berobat ke rumah sakit.

Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, melayani masyarakat dari berbagai usia.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News