Festival Lima Gunung 2024: Kiai Kanjeng Pentaskan 'Komposisi Jalan Sunyi'

Jumat, 27 September 2024 – 13:33 WIB
Festival Lima Gunung 2024: Kiai Kanjeng Pentaskan 'Komposisi Jalan Sunyi' - JPNN.com Jateng
Suasana pementasan repertoar seni "Komposisi Jalan Sunyi" disuguhkan grup "Kiai Kanjeng" Yogyakarta di "Panggung Semut Ireng" Festival Lima Gunung XXIII/2024 di Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (26/9/2024) malam. ANTARA/Hari Atmoko

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Festival Lima Gunung XXIII/2024 diselenggarakan di Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (26/9) malam hingga Jumat (27/9) dini hari.

Pada puncak festival kali ini grup musik Kiai Kanjeng Yogyakarta menyajikan pementasan repertoar berjudul Komposisi Jalan Sunyi.

Sejumlah lagu religi dan pembacaan puisi serta refleksi tentang situasi sosial, budaya, kemanusiaan, demokrasi, dan religiusitas dibawakan dalam musik kontemporer serta Islami oleh grup yang didirikan budayawan Yogyakarta Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) itu.

Cak Nun sahabat budayawan dan pendiri Komunitas Lima Gunung Kabupaten Magelang (penyelenggara Festival Lima Gunung) Sutanto Mendut.

"Kami berinisiatif untuk hadir mengikuti Festival Lima Gunung, terlebih Cak Nun (sedang sakit, red.) sejak lama bersahabat yang tulus dengan Mas Tanto (Sutanto Mendut)," ujar salah satu personel Kiai Kanjeng Yoyok Prasetyo di Magelang.

Tanto Mendut juga menyaksikan dengan duduk bersila di tengah para penonton dan warga setempat di area panggung festival.

Gerimis terlihat reda dan ketiga grup itu memulai pementasan dengan doa secara Islami bersama-sama penonton dalam waktu singkat. Pementasan berlangsung pada Kamis (26/9), mulai sekitar pukul 23.00 hingga Jumat, sekitar pukul 01.00 WIB.

Repertoar musik dan puisi, serta dialog disuguhkan Kiai Kanjeng di Panggung Semut Ireng, antara lain lagu dan musik Bang-Bang Wetan, Rampak Terbang, Rampak Osing, Manungso, dan Ya Thoybah.

Festival Lima Gunung XXIII/2024 diselenggarakan di Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (26/9) malam hingga Jumat (27/9).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News