Oktober 2024: Jawa Tengah Memasuki Musim Hujan, Harap Waspada!

Selasa, 01 Oktober 2024 – 10:10 WIB
Oktober 2024: Jawa Tengah Memasuki Musim Hujan, Harap Waspada! - JPNN.com Jateng
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan di Jawa Tengah terjadi pada Oktober 2024. Foto: Antara

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa wilayah Jawa Tengah akan memasuki musim hujan pada Oktober 2024.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo mengungkapkan bahwa masa transisi dari kemarau ke musim hujan ini akan berlangsung terutama pada awal hingga pertengahan bulan Oktober.

“Pada masa transisi ini, kondisi atmosfer cenderung labil, yang dapat memicu pembentukan awan Cumulonimbus. Ini berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, petir, puting beliung, dan bahkan hujan es,” ujarnya, Selasa (1/10).

BMKG memperkirakan puncak musim hujan akan terjadi antara Januari dan Februari 2025. Oleh karena itu, Yoga mengimbau masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan cuaca yang cepat.

“Cuaca yang panas tiba-tiba bisa berubah menjadi hujan,” ungkapnya.

Peringatan untuk Wilayah Rawan Bencana

Yoga juga meminta masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana untuk tetap waspada, terutama saat hujan lebat.

Mengingat potensi cuaca ekstrem yang mungkin terjadi, langkah-langkah pencegahan dan kesiapsiagaan sangat penting untuk mengurangi risiko.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa wilayah Jawa Tengah akan memasuki musim hujan pada Oktober 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News