Kota Lama Semarang Jadi Saksi Festival Rempah, Bawa Kejayaan Nusantara

Selasa, 01 Oktober 2024 – 16:27 WIB
Kota Lama Semarang Jadi Saksi Festival Rempah, Bawa Kejayaan Nusantara - JPNN.com Jateng
Ika Harini, penyelenggara dari Indonesia Spices Business Forum dan Expo (ISBFE) terkait Festival Rempah di Rumah Popo, Kota Lama Semarang, Selasa (1/10). FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Festival Rempah akan diselenggarakan di Little Netherlands atau Kota Lama Semarang, Jawa Tengah (Jateng), 10-13 Oktober 2024 mendatang.

Selama tiga hari, festival akan bertempat di Metro Point, dan Oudetrap Kawasan Kota Lama Semarang. Dalam acara akan diikuti 100 UMKM kuliner berbasis rempah dan dimeriahkan artis nasional.

Indonesian Spices Business Forum and Expo 2024 ini mengusung tema Rebut Kembali Kejayaan Rempah Indonesia. Acara ini akan mempromosikan produk UMKM Indonesia berbasis rempah ke pasar internasional.

"Ajang ini akan menjadi momen mengenang keemasan rempah di Nusantara era lalu dan mewujudkan kejayaan di masa kini," kata Ketua Panitia Festival Rempah Ika Harini, di Rumah Popo, Semarang, Selasa (1/10).

Dia bilang Indonesia akan menjadi pusat rempah. Menurutnya, dulu Belanda datang ke Nusantara karena masalah rempah.  Tanpa rempah Indonesia, baginya tidak akan ada karena dulu namanya Nusantara.

Sebelumnya Festival Rempah pernah digelar di Medan, Sumatera Utara pada 2021. Ika mengatakan Festival Rempah ini akan menjadi agenda tahunan di Kawasan Kota Lama Semarang.

"Ini yang kedua karena memang Jateng potensi rempah luar biasa, cuma saat ini belum maksimal, kemungkinan tahun depan akan lebih maksimal dengan mendatangkan pembeli supaya lebih baik dan mengerti untuk ekspor," katanya.

Festival ini juga diramaikan dengan lomba vlog tentang rempah di lokasi acara. Pihaknya tak membatasi kreativitas konten kreator dalam mengemas video vlog.

Festival Rempah akan meramaikan Kota Lama Semarang, membawa kejayaan Nusantara.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News