BEM FIK Udinus Sukses Revitalisasi Desa Tajuk, Bangkitkan Potensi Wisata Lokal yang Melebihi Ekspektasi

Rabu, 23 Oktober 2024 – 17:22 WIB
BEM FIK Udinus Sukses Revitalisasi Desa Tajuk, Bangkitkan Potensi Wisata Lokal yang Melebihi Ekspektasi - JPNN.com Jateng
BEM FIK Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berhasil menyelesaikan program revitalisasi desa wisata di Desa Tajuk, Kabupaten Semarang. Foto; Humas Udinus

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Selama empat bulan, Tim Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (BEM FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berhasil menyelesaikan program revitalisasi desa wisata di Desa Tajuk, Kabupaten Semarang.

Program ini merupakan bagian dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPKO) yang didanai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

Tim tersebut terpilih sebagai salah satu pemenang tahap awarding PPKO dengan visitasi resmi dari Belmawa dilakukan pada Rabu (15/10).

Ketua Tim PPKO BEM FIK Nadya Sekar Nalaratih mengungkapkan pengembangan di Desa Tajuk berfokus pada penguatan ekosistem desa wisata.

Mereka melakukan serangkaian pelatihan untuk masyarakat setempat, mulai dari cara mengemas oleh-oleh cendera mata, pelatihan pemandu wisata untuk menyambut turis, hingga workshop digital marketing untuk membantu mempromosikan destinasi desa secara daring.

“Kami memberikan pelatihan yang komprehensif tentang bagaimana memasarkan produk lokal melalui platform digital dan juga melatih warga untuk membuat konten video yang bisa viral, terkait daya tarik wisata di Desa Tajuk. Pelatihan ini bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pusat oleh-oleh Jogkem, Himpunan Pramuwisata Indonesia, serta dosen dari Program Sarjana Ilmu Komunikasi Udinus,” jelas Nadya yang juga merupakan mahasiswa Program Sarjana Teknik Informatika pada Rabu (23/10).

Visitasi berlangsung di Dusun Dung Kluruk, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan itu dihadiri langsung oleh Tim Visitasi dari Belmawa, yaitu H. Anggi Maulana Rizqi.

Dalam kunjungannya, Anggi Maulana melakukan wawancara dengan beberapa perwakilan warga, termasuk Sekretaris Desa (Sekdes) Tajuk Sri Rahayuningsih, serta perwakilan dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah.

BEM FIK Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berhasil menyelesaikan program revitalisasi desa wisata di Desa Tajuk, Kabupaten Semarang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News