Kisah Warga Windan Baru Sukoharjo, Hobi Piknik Tahunan, Kini Berangkat Umrah Bareng

Senin, 28 Oktober 2024 – 08:15 WIB
 Kisah Warga Windan Baru Sukoharjo, Hobi Piknik Tahunan, Kini Berangkat Umrah Bareng - JPNN.com Jateng
Ratusan Warga Windan Baru, RT 04/RW 07 Gumpang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah (Jateng) saat mengikuti acara seremonial Umroh Bareng from Hamzah to Jeddah di Masjid Hamzah, Sabtu (26/10/2024). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SUKOHARJO - Sebanyak 141 warga Dukuh Windan Baru, RT 04/RW 07, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) berangkat ke Arab Saudi guna melaksanakan ibadah umrah, Sabtu (26/10) malam. Ingin piknik yang membawa berkah jadi alasan para warga untuk berangkat umrah.

Laporan Romensy Augustino, Solo

Bakda Isyak di Masjid Hamzah Gumpang, Kartasura, Sukoharjo Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (26/10) ramai. Ratusan warga setempat berkumpul untuk mengikuti serangkaian acara seremonial sebelum menempuh perjalanan sejauh 12.276 km ke Arab Saudi. 

Mengenakan seragam batik hitam dikombinasikan kuning para jemaah baik laki-laki ataupun perempuan dewasa duduk rapi memenuhi dalam dan luar masjid. Sementara anak-anak tampak semringah mengikuti rangkaian acara. 

Para jemaah kemudian memulai perjalanannya menuju Jeddah, Arab Saudi sekitar pukul 21:00 WIB. Sebanyak 3 bus telah disiapkan untuk mengangkut para jemaah menuju Jakarta sebelum terbang ke Jeddah pada Minggu (27/10) sore. Direncanakan para jemaah akan kembali ke Indonesia pada 4 November 2024. 

Menurut Ketua panitia Mahfud Afdarul Chodri (48), 141 warga yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan piknik tahunan ini dipastikan berangkat seluruhnya. Sekitar 10 warga memilih tidak ikut dalam rombongan dan akan bertemu di Jeddah. 

Dalam rombongan, sedikitnya ada satu bayi yang masih berusia 8 bulan dan 4 lansia yang salah satunya telah berusia 82 tahun.

"Sebagian karena mereka ini ada di Jakarta. Jadi langsung di Jakarta. Untuk di Jakarta ada 4 orang. Kemudian ada beberapa yang naik pesawat besok pagi. Jadi jumlah berkurang sekitar sepuluh orang. Insyaallah berangkat semua," ujarnya saat diwawancarai, Sabtu (26/10) malam.

Sebanyak 141 warga Dukuh Windan Baru, RT 04/RW 07, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) berangkat ke Arab Saudi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News