Prakiraan Sebaran Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah 3 Hari ke Depan, Simak!

Senin, 28 Februari 2022 – 12:20 WIB
Prakiraan Sebaran Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah 3 Hari ke Depan, Simak! - JPNN.com Jateng
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca ekstrem di Jawa Tengah 3 hari ke depan, Selasa (1/3) hingga Kamis (3/3).

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan terjadi sirkulasi siklonik di perairan selatan Pulau Jawa yang menyebabkan adanya belokan angin di wilayah Jawa Tengah.

Selain itu, kata dia, kondisi itu itu berpengaruh terhadapa anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Kelembapan udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

"Madden Julian Oscillation (MJO) berada pada Kuadran 4 (Indian Ocean) yang menunjukkan kontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia signifikan," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (28/2).

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 01 - 03 Maret 2022.

Berikut prakiraan sebaran cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah 3 hari ke depan:

Selasa 1 Maret 2022

Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Jawa Tengah 3 hari ke depan. Berikut sebarannya di 35 kabupaten/kota.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News