Gagal Panen 3 Musim Lantaran Proyek Tol, Petani di Demak: Tolong Pak Ganjar, Pak Jokowi

Senin, 07 Maret 2022 – 16:35 WIB
Gagal Panen 3 Musim Lantaran Proyek Tol, Petani di Demak: Tolong Pak Ganjar, Pak Jokowi - JPNN.com Jateng
Petani di Desa Sampang, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, menunjukkan hasil panennya yang tidak maksimal, Minggu (6/3). Foto: Dokumentasi untuk JPNN.com

jateng.jpnn.com, DEMAK - Ratusan hektare lahan pertanian padi di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mengalami gagal panen.

Kondisi tersebut sudah terjadi dalam 3 kali musim tanam padi.

Satibi (50), petani di Desa Sampang, Kecamatan Karangtengah, menyebut proyek Tol Semarang-Demak diduga menjadi penyebab gagal panen.

Ia menjelaskan sejak pembangunan tol dilaksanakan, terjadi pendangkalan laut di wilayah pesisir yang membuat aliran air di desanya tidak mengalir normal.

"Irigasi yang dari sawah sampai ke arah laut ada pendangkalan, dan juga ada proyek Tol Semarang-Demak ini kami irigasinya tidak lancar," ungkapnya, Minggu (6/3).

Menurutnya, genangan air di sawah, bahkan bisa mencapai pinggang orang dewasa.

Jika para petani memaksa menanam padi maka konsekuensinya adalah tanaman tidak bisa tumbuh sesuai yang diharapkan.

"Kalau kami memaksa tanam kondisinya kayak gini, bulir-bulir padi (di tangkai) hanya beberapa," katanya sambil menunjukkan tanaman hasil panen.

Ratusan hektare lahan petani di Demak gagal panen dalam 3 musim lantaran proyek Tol Semarang-Demak. Petani berharap Ganjar dan Jokowi bertindak.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News