Simak, Inilah Sebaran Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah 3 Hari ke Depan

Minggu, 27 Maret 2022 – 06:02 WIB
Simak, Inilah Sebaran Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah 3 Hari ke Depan - JPNN.com Jateng
Hujan lebat disertai angin kencang. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi prospek cuaca ekstrem bakal terjadi 3 hari ke depan mulai, Minggu (27/3).

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan, pihaknya telah melakukan analisis dinamika atmosfer.

Hasilnya, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di perairan barat daya Pulau Jawa dan di Laut Arafuru menyebabkan adanya belokan angin dan pola konvergensi di wilayah Jawa Tengah, serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Kelembapan udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

"Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 27 - 29 Maret 2022," katanya.

Berikut prospek cuaca ekstrem di sejumlah daerah:

Minggu 27 Maret 2022

Banjarnegara, Blora, Boyolali, Grobogan, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kab./Kota Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab. Semarang, Sragen, Surakarta, Sukoharjo, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

Senin 28 Maret 2022

Banjarnegara, Banyumas, Blora, Boyolali, Cilacap, Grobogan, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kab./Kota Magelang, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Kab. Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Kab. Tegal, Wonogiri, Wonosobo dan sekitarnya.

Cuaca ekstrem di Jawa Tengah diprakirakan terjadi 3 hari. Ini sejumlah daerah yang wajib waspada bencana.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News